Cara Menyelesaikan Rubik Dengan Mata Tertutup

Bicara tentang bermain rubik dengan mata tertutup atau yang lebih dikenal dengan istilah Blindfolded (BLD) maka tak asing lagi dengan metode yang satu ini, yaitu metode Old Pochman. Kali ini Rubiknesia akan membahas metode yang paling dasar ini, kita tidak akan membahas tentang M2/Pochman. Mengapa? Karena dengan metode yang melelahkan jari ini menurut tim rubiknesia bisa menembus sub 2 atau mungkin 1.


Tidak banyak cubers yang memakai metode dasar Old Pochman sebagai metode untuk bld speed, karena untuk menyelesaikan Edge dan Corner haruslah menggunakan PLL J1, J2,Y dan T. Sedangkan dalam M2 hanya menyelesaikan Corner dengan PLL J1, J2, dan Y untuk bagian Edge memiliki beberapa Setup Move yang singkat ditambah dengan gerakan eksekusi M2.
 
Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan dalam menyelesaikan rubik dengan mata terutup menggunakan metode Old Pochman.

Memorisasi 

Pada tahap ini kita akan menghafal seluruh kasus yang kita temui sebelum kita mengeksekusi rubik yang akan kita selesaikan dengan mata tertutup. Jika kalian ingin mempelajari bagaiamana cara memorisasi dalam BLD maka sebaiknya kalian mempelajari cara eksekusi dalam BLD dulu. Jika sudah paham maka kalian bisa mempelajari tentang memorisasi pada video di atas.


Eksekusi
 Selesai pada tahap memorisasi maka selanjutnya adalah eksekusi, kita akan mulai menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Jika kalian ingin mempelajari tentang eksekusi dalam BLD maka kalian bisa menonton video di atas.

Mungkin itu saja pembahasan singkat tentang tahapan menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Selanjutnya akan saya bahas lebih mendalam lagi pada artikel berikutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post