Ngobrol Cubing Bersama Legenda BLD, Wicaksono Adi


Hallo semua!!! Hari ini sesuai janji saya, saatnya Interview with Cubers NSA... Kali ini sebagai pembukaan saya telah berbincang-bincang dengan cubers yang video tutorialnya telah menjadi panduan banyak Cubers NSA. Beliau juga penulis buku tentang rubik, salah satunya ialah Rubik Gede Siapa Takut. Siapa sih? Inilah dia Wicaksono Adi, atau panggil saja Chuck.

Sebelumnya sudah pernah ada interview bersama om Chuck, tapi itu sudah bertahun-tahun yang lalu (untuk melihat interview nya silahkan klik link https://undick.wordpress.com/2010/07/07/chuck/ ). Sebelum ke intinya silahkan klik like dan share ya, biar yang lain juga bisa baca.


Ini dia percakapan tim Rubiknesia dengan om Chuck, "QnA" Boby bertanya, om Chuck menjawab

Q : Awal mula Cubing?
A : Maret 2009, setelah nonton The Master episode perdana, di situ ada Deddy Corbuzier vs Abel Brata.
Jadi saya kenal rubik bulan Februari 2009, pertama kali bisa bulan Maret, belajar BLD bulan Juni, lalu Agustusnya ada Rubik's Cube 1st Indonesian Championship 2009, saya #2 WR

Q : Apakah disaat melihat acara tersebut, om langsung tertarik dengan blindfold solving atau tertarik untuk hanya sekedar solving rubik cube?
A : Langsung tertarik dengan BLD, karena kebetulan saya dari kecil suka apapun yang berhubungan dengan menguji kemampuan memori.
Apalagi Virkill, ketua Paguyuban Rubik Jogjakarta waktu itu juga dikenal sebagai salah satu sosok pelopor BLD di indonesia. Dan saya kuliah di jogja waktu itu.

Q : Bisa dibilang perkembangan om cukup cepat ya, karena ada beberapa (mungkin rata rata) Cubers yang ingin Belajar blindfold solving sendiri butuh waktu yang cukup lama. Pada waktu itu om sendiri belajar bld gimana? Apakah langsung ketemu para master lainnya atau melalui forum forum Cubing yang ada?
A : Otodidak. Virkill ngajarin saya metode memorisasi aja.
Saya belajar dari video BLD nya Badmephisto.

Q : Untuk metode memorisasi om menggunakan metode apa?
A : Full image, dari warna dibuat jadi tokoh dan kata kerja.
Lalu dimasukin ke loci untuk MBLD nya.

Q : Seperti yang kita ketahui bahwa om Chuck ini terkenal akan tutorial bld nya yang telah menjadi panduan oleh beberapa cubers bld, nah katanya channel nya sudah dijual, apakah itu benar om?
A : Betul, saya udah 7 tahun ga pernah upload video di channel tsb dan kebetulan juga ga pernah dimonetisasi.
Jadi semua tutorial, yanhg salah satu videonya udah diview sampai 1,6 M views, saya ga dapet sepeser uang pun karena memang ditujukan untuk komunitas.
Jadi begitu ada yg nawar, saya lepas aja. Saya bisa bikin channel baru lagi.
Jadi memang channelnya udah ga aktif lagi tapi subscribernya 16 ribuan.

Q : Jadi video yang dibuat oleh om Chuck murni untuk kepentingan Cubers Indonesia bukan semata untuk cari uang. Kemaren sempet lihat juga channel barunya om Chuck dan ada beberapa video, apakah bakal balik lagi buat sharing tutorial tentang rubik?
A : Yes, minimal vlog tentang keseharian pemain rubik karena kalau tutorial udah banyak dari luar maupun lokal.

Q : Kalau gitu, tidak menutup kemungkinan dong kalo om Chuck bakal ikut berpartisipasi dalam kompetisi WCA lagi?
A : Saya kadang dateng kompetisi kok, walau gak jadi peserta. Sekadar ketemu temen2 aja.

Q : Hmmmm, kemarin om Chuck sempat vakum cubing. Jadi waktu itu om Chuck ngapin aja? Dan mengapa om memilih vakum saat itu? Yang menurut saya saat itu masa jayanya nama Om Chuck di dunia cubing, apakah om tertarik dengan hal baru?
A : Iya, tahun 2012 saya punya tanggung jawab besar yaitu menyelesaikan kuliah S1. Saya sudah di tahun ke-8 saya di UGM waktu itu, kalau tidak lulus tahun itu maka saya akan DO. Maka saya pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi WCA Delegate dan vakum.
Lalu dengan uang royalti buku rubik, pada Maret 2012 saya menikahi orang yang sejak 2009 sudah mensupport hobi saya di rubik. Berkat dukungannya pula saya berhasil lulus kuliah pada November 2012.
Saya diterima kerja di sebuah perusahaan pangan multinasional pada Februari 2013, sesuai jurusan kuliah saya. Tapi saya lebih ingin mengejar passion saya di menulis atau mengajar. Jadi akhir tahun 2013, saya banting setir menjadi jurnalis.
Kewajiban mencari nafkah dan membesarkan anak (saya punya 2 anak, Ahsan 5 tahun dan Yasmin 2 tahun) tidak dipungkiri memang membuat saya tidak bisa seaktif dulu di rubik.
Saya beruntung karena pada akhir 2016, saya bertemu dengan GMM (Grandmaster Memory) Yudi Lesmana yang melihat bahwa kemampuan memory saya dapat lebih bermanfaat untuk digunakan melatih siswa-siswi sekolah untuk meningkatkan daya ingatnya dalam pelajaran.
Akhirnya Agustus 2016 saya meninggalkan karier di bidang jurnalistik, dan menjadi pengajar sekaligus General Manager untuk 7 cabang lembaga kursus Yudi Lesmana yang namanya SMC (Student Memory Course).
Jadi walaupun saya vakum dari rubik, justru hobi rubik itulah yang membuat saya sadar bahwa passion saya adalah menulis dan mengajar, dan akhirnya menjadi karier dan kontribusi saya bagi masyarakat. One thing leads to another.

Q : Om Chuck sendiri punya anak 2, menurut om apakah salah satu dari mereka berpotensi dalam memorisasi atau mungkin om ingin mengarahkan/memperkenalkan dunia speedcubing pada anak om?
A : Iya, memori pastinya. Kalau speedcubing mungkin belum, biar mereka yang putuskan sendiri ketika besar akan memilih hobi apa.
Karena memori pasti bermanfaat di sekolah, sedangkan rubik belum tentu 😅

Q : Cubers NSA yang berpotensi menurut om siapa?
A : Ahsanul Insan Hamid di BLD
Personally saya kenal dan salah satu pengajar juga di SMC.

Q : Cubers favorit dalam negeri dan luar negeri
A : Arif Virkill Yuliannur, sudah seperti kakak sendiri.
Max Park, karena adik kandung saya juga mengidap autisme dan saya tau perjuangannya.

Q : Pendapat om tentang Rubiknesia?
A : Saya salut dgn upayanya utk mengedukasi cuber, lebih kreatif lagi dalam cara2 atau program2nya.

Q : Pesan atau motivasi untuk para Cubers yang ingin belajar dan mendalami blindfold solving?
A : Segala sesuatu butuh proses, dan hasil tidak akan mengkhianati usaha. BLD memang bukan sesuatu yang mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya, tapi justru itulah yang membuatnya rewarding.


Itu dia sedikit QnA tim Rubiknesia dengan om Wicaksono Adi (Chuck) semoga bermanfaat dan menginspirasi kalian para Cubers Indonesia, kok pertanyaannya sedikit? Karena sudah ada interview sebelumnya jadi saya tidak akan menanyakan pertanyaan yang sama.

Btw, sedikit bocoran nih... Om Chuck bakalan ada kejutan spesial untuk Cubers NSA, ada yang bisa nebak? Kira kira apa ya... Hmmm kita lihat saja kedepannya. Dan jangan lupa untuk pantengin terus Rubiknesia biar bisa dapet informasi lainnya, dan jika kalian punya saran untuk pertanyaan atau Cubers selanjutnya yang akan di interview silahkan komentar dibawah... Jangan lupa like, komentar, dan share.
#rubiknesia


Source : https://www.facebook.com/rubiknesia/posts/544191102703871?__tn__=K-R

Post a Comment

0 Comments