Rubik 3x3x3 Apasih Yang Bagus Kisaran Harga 100 Ribuan?

Karena pertanyaan "rubik 3x3x3 apa yang bagus dengan kisaran harga 100 ribuan?" masih sangat populer dari jamannya om Erno bikin rubik dan sekarang dah bikin.... masih bikin rubik, jadi saya akan memberikan opini saya untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jadi pada artikel ini saya akan mengkategorikan rubiknya berdasarkan harga, dan ada beberapa bagian yang saya ambil dari postingan yang sudah saya bahas di Fasnpage Indocuber. Jadi langsung saja kita mulai dengan yang terendah dulu,



  • YJ Guanlong 
Untuk rubik paling murah dan berkualitas dan saya berikan julukan rubik ini "RUBIK SEJUTA CUBERS"🤣. Sering dipakai oleh para Cubers yang budgetnya pelajar dan mereka yang suka modifikasi rubik, dibandrol harga 19.000-25.000 IDR kalian bisa sub 10-20 dengan cube ini. Sampai saat ini saya masih menyarankan rubik yang satu ini, seperti yang kita ketahui bahwa YJ adalah brand yang memproduksi rubik dengan harga terjangkau dengan kualitas yang bagus (bisa disandingkan dengan Magic Cube). Namun saya tidak terlalu menyarankan kalian menggunakan YJ Guanlong yang versi terbaru, dikarenakan harga dan kualitasnya tidak sepadan menurut pendapat saya. Untuk toko rubik yang menjual cube ini sangatlah banyak, jadi kalian tinggal pilih toko rubik yang ada di list yang telah saya buat disini.

  • Fanxin Cube 

Menurut pengalaman saya pribadi rubik ini lebih bagus daripada YJ Guanlong (mungkin karena feel stickerless) namun saya kurang suka dengan warnanya yang gelap menurut saya. Tapi perbedaan saat saya move dari guanlong ke rubik ini sangat terasa dan saya sendiri stabil sub 18 dengan cube ini. Untuk harganya juga tidak jauh berbeda dengan Guanlong, hanya dengan merogoh kocek 25.000-30.000 IDR saja kalian sudah dapat memiliki cube ini. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat masih sedikit, saya sendiri tidak tau kenapa tapi hanya ada beberapa toko yang menjualnya kalian bisa lihat disini.

  • MoFang JiaoShi MF3RS 
Salah satu kakak dari MF3RS2 ini dulunya dikenal dengan best budget cube yang cukup terkenal, dibandrol dengan harga 55.000-65.000 IDR rubik ini sudah sangat layak untuk dijadikan main cube kalian. Namun saat ini rubik ini sudah jarang didengar di permukaan Speedcubing. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.

  • QiYi Warior W 

Menurut saya rubik ini adalah Rival dari MF3RS, karena banyaknya perdebatan antara mana yang lebih bagus diantara mereka berdua. Menurut saya rubik ini sangat layak untuk kalian jadikan sebagai speedcube, namun saya sendiri tidak terlalu suka dengan logo pada centernya karena saya rasa kurang greget. Tapi itu tidak mempengaruhi feelnya, jadi itu hanya masalah selera saya yang suka membahas masalah design suatu cube. Rubik ini memiliki kisaran harga yang tidak jauh beda dengan saingannya, yaitu hanya berkisar 50.000-65.000 IDR. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.
  • Kungfu QingHong 
Brand KungFu memang terkenal dengan budget cubenya dan juga terkenal akan cut corner nya, namun rubik yang satu ini sudah tenggelam dan tidak ada yang menggunakannya sebagai main cube. Berbeda dengan saudaranya di rubik 4x4 yaitu Cangfeng yang masih tenar sampai sekarang, brand KungFu ini memiliki ciri khas tension kendor jadi cut cornernya mantap (tidak menutup kemungkinan untuk pop out, tapi sejauh ini saya make aman aman saja). Dibandrol dengan harga 60.000-75.000 IDR saja kalian dapat memiliki rubik ini. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.

  • Yuxin Little Magic 

Rubik ini dibandrol harga yang cukup murah dengan kisaran harga 69.000-75.000 namun memiliki performa yang tidak kalah dengan Speedcube papan atas lainnya. Rubik ini sangat recommended untuk dipasang magnet (katanya) dan saran dari saya untuk membeli rubik ini versi yang stickerless saja, kenapa? Karena untuk versi Blackbase stickernya tidak terlalu awet. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.

  • QiYi Thunderclap V1 
Rubik terbaik pada zamannya menurut saya, sekarang cubers yang memakai cube ini sudah jarang terlihat. Namun tidak mentup kemungkinan jika kalian tertarik dengan feel rubik yang satu ini dan saya juga lebih suka design logony pada cube satu ini dibandingkan QiYi Warior W. Cube ini memiliki harga senilai 80.000-90.000 IDR saja dan kalian akan mendapatkan bonus tas rubik dari QiYi. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.

  • QiYi Thunderclap V2 

Pada saat saya pertama kali beli cube ini saya langsung suka dengan feelnya namun setelah 25x solving rasanya saya jadi kurang suka dan ternyata cube satu ini memang harus dibreak in terlebih dahulu agar feel yang sesungguhnya dapat terasa. Ada beberapa cuber yang masih menggunakan cube ini namun sekarang sepertinya sudah jarang terdengar lagi. Cube satu ini dibandrol dengan harga 90.000-100.000 IDR saja. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.



  • MoFang JiaoShi MF3RS2 

Cube satu ini selalu diperbincangkan menjadi rival dari Yuxin Little Magic, dengan mekanisme yang berbeda dari versi sebelumnya membuat cube ini menjadi idaman para cubers dengan budget 100 ribuan. Namun harga cube ini sedikit lebih mahal dari pada pesaingnya Yuxin Little Magic, yaitu 90.000-100.000 IDR. Untuk toko rubik yang menjualnya sangat banyak, kalian bisa lihat list toko yang menjualnya disini disini.

Oke sekian dulu untuk rubik berkualitas dengan kisaran harga 100 ribuan, memang belum semuanya yang saya tulis di artikel saya kali ini. Namun saya akan melakukan pembaruan jika ada cube baru yang saya rasa layak dan cocok untuk dijadikan speedcube dengan kisaran harga 100 ribuan, dan sekali lagi saya ingatkan bahwa saya tidak (mungkin belum) disponsori oleh pihak manapun jadi ini murni dari inisiatif saya sendiri dan tidak ada paksaan. Mungkin artikel selanjutnya saya juga akan membahas tentang rubik bagus dan berkualitas dengan kisaran harga 150.000 atau 200.000 atau yang lainnya.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan bagikan keteman teman anda dan ajak mereka untuk baca artikel ini, dukung saya memajukan Indocuber dengan cara klik Like pada Fanspage atau Follow Instagram Indocuber. Dan saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jangan sungkan untuk mengkritik dan mengingatkan saya agar bisa lebih baik kedepannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post