Istilah Dalam Dunia Rubik Yang Wajib Kamu Ketahui

Maaf sebelumnya kalau beberapa hari belakangan saya tidak update artikel, hal ini dikarenakan internet saya yang bermasalah jadi saya mohon maaf. Oke Cubers Nusantara, kalian mungkin sudah tidak asing dengan istilah yang ada pada artikel ini, namun bagi kalian yang masih pemula dan awam artikel ini sangat cocok untuk kalian. Ada banyak istilah yang dipakai dalam dunia Rubik, banyak juga diantara cubers belum mengetahuinya. Berikut ini beberapa istilah yang ada dalam dunia rubik (speedsloving/speedcubing) yang perlu diketahui!


  • +2 : Suatu kondisi cube yang terselesaikan dengan keadaan satu layer terputar >45 derajat dan satu gerakan.
  • ALGO / ALGORITMA : Langkah secara urut dalam menyelsaikan suatu masalah, misal algo OLL, langkah langkah dalam menyelesaikan OLL.
  • AUF : Adjust Upper Face, tau maksudnya gak bisa jelasinnya, pokoknya kalo habis pll di U U' ato U2 itu namanya AUF. 
  • BIGCUBES : Cube dengan ordo diatas 3x3x3. misal 4x4x4, 5x5x5, dst.
  • BLD / BLINDFOLDED : Permainan dalam menyelesaikan rubik dengan mata tertutup.
  • CENTER : Bagian luar cube yang berada di tengah, yang terkait dengan core.
  • CENTER CAPS : Bagian penutup center.
  • CFOP : Suatu metode dalam menyelesaikan cube dengan urutan Cross-F2l-OLL-PLL.
  • CORE : Bagian tengah di dalam cube yang menyatukan piece piece cube.
  • CORNER : Bagian cube yang berada di sudut, umumnya terdiri dari 3 warna.
  • CROSS : membuat tanda " + " dilayer pertama dengan warna edge nya terorientasi dengan center.
  • CUBER : Sebutan untuk pemain cube / kubus rubik.
  • CUTTING CORNER : Suatu kondisi cube yang dapat satu sisi diputar dengan keadaan sisi lain belum kembali secara sempurna.
  • DNF : Did Not Finish, suatu kondisi cube kita tidak terselesaikan.
  • DNS : Did Not Start, competitor tidak memulai permainan nya.
  • DISPLAY : Alat untuk menampilkan waktu yang terhubung dengan stackmat timer.
  • EDGE : Bagian luar pada cube yang berada diantara corner, umumnya terdiri dari 2 warna.
  • F2L : First Two Layer, 2 layer pertama pada cube.
  • FINGERTRICK : Gerakan jari yang efisien dalam menggerakan cube.
  • FLIP : Kondisi dimana piece sudah terletak pada tempat nya, tapi warnanya berputar satu sama lain.
  • INDOCUBER : Ikatan keluarga cubers Nusantara.
  • INSPEKSI : Waktu yang diberikan kepada competitor untuk merenecakan gerakan sebelum melakukan solving, umumnya 15 detik.
  • JUDGE : Juri yang mendampingi kompetitor di saat solving.
  • KOMPETITOR : Orang/peserta yang berkompetisi dalam suatu kompetisi.
  • LAST LAYER (LL) : Layer / lapis terakhir pada cube.
  • LAYER BY LAYER (LBL) : Menyelesaikan cube dengan per layer yang diselesaikan dahulu, bebeda dengan F2L yang menyelesaikan layer pertama dan kedua secara bersamaan.
  • LOOK AHEAD : Melihat kedepan, misal dalam F2L, melihat dan mencari pasangan F2L kedua disaat anda sedang memasukan F2L pertama.
  • MEMO / MEMORISASI : Proses menghafal sebelum melakukan solving BLD.
  • MISSALIGN : Suatu kondisi core tidak pada tempatnya yang seharusnya, umumnya terjadi pada cube ber ordo genap.
  • MULTI SLOTTING : Suatu kondisi memasangkan f2l kedua ketika kita memasukan F2L pertama secara bersamaan.
  • CN / COLOR NEUTRAL : Menyelesaikan cube dengan membuat segala warna awal, tidak selalu dimulai dari warna yang sama.
  • NR : National Record, waktu tercepat di negara masing masing yang tercatat di kompetisi resmi.
  • NSA : Nusantara Speedcubing Association, badan organisasi Indonesia yang mengelola olahraga speedcubing.
  • OH (ONE HAND) : Permainan dalam menyelesaikan rubik dengan satu tangan.
  • OLL : Oriented Last Layer, kondisi pada last layer ketika warna diatas belum rata.
  • PARITY : Suatu kondisi cube tidak dapat diselesaikan dengan algoritma biasa, hanya bisa diselesaikan menggunakan algoritma khusus.
  • EDGE PAIRING : Menyamakan / memasangkan edge yang terpisah pada big cube. 
  • PERSONAL BEST (PB) : Waktu tercepat yang dimiliki seseorang itu sendiri. 
  • PIECE: Bagian bagian pada cube, umumnya terdiri dari (center piece, edge, corner),
  • POP : Kondisi piece terlepas dari cube nya. 
  • PLL : Pemutate last layer, kondisi pada last layer ketka warna diatas sudah benar, tapi belum terletak pada tempatnya yang benar.
  • RACE : Nge-race, kegiatan antar pemain dalam adu cepat menyelesaikan cube.
  • SKIP : Suatu keadaan ketika solving melewati tahap yang seharus nya ada. misal CFOP, disaat kita menyelasikan f2l, kita langsung mendapatkan kondisi PLL, melewati tahap OLL, itu disebut skip OLL.
  • SCRAMBLE : Acakan pada cube.
  • SOLVE : Keadaan puzzle / rubik sudah terselesaikan.
  • SPEEDCUBING : Permainan rubik ini dikenal sebagai olahraga yang bernama speedcubing.
  • SUB "xx": Menyelesaikan cube dengan waktu dibawah waktu tertentu. misal sub 20, meyelesaikan waktu dibawah 20 detik.
  • STACKMAT TIMER : Alat penghitung kecepatan saat menyelesaikan cube.
  • WCA : World Cube Assosiciation, badan organisasi dunia yang mengelola olahraga speedcubing.
  • WR : World Record, waktu tercepat dunia yang tercatat di kompetisi resmi.

Oke, sekian dulu artikel saya hari ini, jika kalian merasa suka dan terbantu dengan artikel ini silahkan klik SHARE dan ajak teman-teman kalian untuk baca juga. Bantu saya memajukan Indocuber dengan cara klik Like pada Facebook Fanspage dan Follow akun Instagram Indocuber, dukungan dan semangat dari kalian sangat berharga bagi saya karena kalianlah saya juga semangat untuk menulis artikel-artikel seputar rubik.

3 Comments

  1. Replies
    1. Terimakasih atas respon positif dari kakak, semoga blog ini dapat terus memberikan artikel positif yang bermanfaat bagi Cubers Nusantara.

      Delete
Previous Post Next Post